Wednesday 8 April 2015

Bahan Media Cetak

Ada berbagai macam variasi media yang di pakai sebagai bahan media cetak. Pastikan media cetak yang anda gunakan tepat sesuai dengan tujuan anda supaya investasi yang anda tanamkan maksimal. Berikut panduan singkat berbagai media cetak yang biasa di gunakan

Digital Printing A3+ / A4 / F4

HVS

Hout Vrij Schrijfpapier atau dalam keseharian dikenal dengan kertas HVS adalah kertas bebas serat kayu. Kertas jenis ini mempunyai daya serap yang kuat terhadap cairan. Ciri kertas ini terletak pada permukaannya yang agak kasar. Karena sifat dasarnya itu yang menyebabkan jenis kertas ini tidak mengkilap jika kita gunakan dalam proses cetak. HVS sering digunakan untuk berbagai keperluan, mulai Kop Surat, Amplop, Nota Penjualan, Tanda Terima, Buku, Majalah hingga Buletin. Dengan gramatur antara 60 gsm, 70 gsm, 80 gsm hingga 100 gsm dan dimensi 65 x 100 cm serta 79 x 109 cm.
Peruntukkan : untuk isi buku/laporan

Kalkir / Trace Paper

Tipis, lebih keras/kaku daripada HVS, agak transparan, banyak orang biasa menyebutnya kertas minyak, itulah kertas kalkir. Kalkir juga biasa dipakai media transfer sebagai pengganti film untuk kebutuhan cetak pada plat. Sebagai ‘film, kalkir lebih banyak berperan untuk percetakan yang jenis teks, seperti dokumen karbonise (faktur, surat jalan, kwitansi dll), teks pada undangan blanko dan masih banyak lagi.
Peruntukan : Gambar teknik, pemanis undangan, media sablon, dll

CTS / Art Paper

Kunsdruk atau kebanyakan orang lebih mengenal dengan sebutan Art Paper, merupakan kebalikan dari kertas HVS. Permukaan kertas ini licin dan mengkilap pada kedua sisinya. Tetapi kertas jenis ini kurang bagus untuk kegiatan tulis menulis. Hal ini dikarenakan kertas ini mempunyai daya serap yang rendah sehingga tinta agak sulit mengering. Dengan gramatur yang bervariasi mulai 100 gsm, 120 gsm dan 150 gsm dengan 2 ukuran dimensi yaitu 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm.
Peruntukan : brosur, majalah, flyer, leaflet, poster, dll

Ivory

Kertas Ivory adalah kertas yang hampir sama seperti Art Carton. Kertas Ivory ini memeiliki 2 sisi putih, tapi tidak seputih kertas Art Carton. Apa yang membuat ke dua kertas ini tampak berbeda? Itu karena Art Carton memiliki 2 sisi yang licin. Sedangkan Kertas Ivory, hanya memmiliki 1 sisi saja yang licin. Hampir mirip dengan kertas CWb / Duplex Putih. Biasanya Kertas Ivory digunakan untuk Box atau Packaging karena cukup tebal dan kokoh. Packaging makanan di restoran sekarang pun banyak yang menggunakan Kertas Ivory sebagai bahan dasar Dus Makanan mereka. Gramatur yang beredar di pasaran berkisar 170 gsm, 190 gsm, 210 gsm, 230 gsm dan 260 gsm dengan dimensi 65 x 100 cm dan 79 x 109 cm.
Peruntukan : cover buku, kartu nama, poster, kemasan produk, undangan, dll

Sticker (Mirrorcoated, Vynil, Transparant)

Stiker adalah media promosi yang aplikasinya ditempelkan pada produk sebagai identitas sebuah merk agar mudah dikenali oleh target market dan membedakan dengan pesaing. Stiker yang bagus hendaknya mudah diingat dari segi bentuk dan visual grafisnya. Stiker berfungsi sebagai media promosi tempel pada kemasan dan label produk. Memberikan identitas tertentu pada merk dagang yang ada, agar konsumen mudah mengenali dan tertarik untuk menggunakannya secara terus-menerus.
Peruntukan : label produk, stiker logo perusahaan/komunitas, stiker merk, dll

Fancy papers

Kertas ini masuk golongan kertas mewah dengan harga premium. Dengan permukaan yang bertekstur menjadikan kertas ini berpenampilan eksklusif. Banyak variasi tektur dan warna di pasaran. Biasa digunakan untuk mencetak berbagai macam kartu, Undangan, Cover Buku dan Majalah, dsb.
Peruntukan: undangan, kartu nama, tags, photobook, dll

Outdoor Printing / MMT

Flexy

Bahan berjenis plastik yang umumnya digunakan untuk material Print Digital Banner/Spanduk, Surface Neon Box, Billboard. Dengan beberapa kelas antara lain : Eco, Standard, dan Super.
Peruntukkan : Baliho, spanduk, billboard

Oneway Vision

One Way Vision adalah salah satu media berpromosi baru yang berkembang seiring dengan kemajuan teknologi digital printing dan merupakan media yang digunakan untuk luar ruangan. Saat ini One Way Vision banyak sekali dipakai sebagai sarana beriklan, berkampanye, dan saran informasi lainnya. Bentuk One Way Vision sebenarnya hampir mirip dengan stiker pada umumnya, hanya saja One Way Vision berpola berlubang-lubang dan agak transparan.
Peruntukan : Branding Kaca pada mobil, toko, kantor, dll.

Backlit

Bahan material dari plastik seperti Flexy, namun dengan permukan yang lebih halus dan lebih mudah ditembus cahaya. Dengan karakter nya yang kuat sangat cocok sebagai media neon box.
Peruntukan : Neon Box

Outdoor Sticker

Bahan sticker ini dipakai untuk kebutuhan outdoor. Sifatnya akan terlihat menyala jika permukaan bahan terkena cahaya lampu yang terang. Bahan ini cocok digunakan sebagai material rambu, souvenir & aksesoris (misalnya aksesoris motif kendaraan).
Peruntukan : Gloss, Doff, Blockout, Transparan. Untuk branding mobil, motor

Banner Cloth

Material outdoor banner yang terbuat dari serat benang, sangat cocok sebagai material spanduk maupun banner.
Peruntukan : umbul umbul, spanduk.

Poliskin

Indoor Printing

HVS, Matte Paper, Synthetic film, Gloss paper

Photo Paper, Luster, Kalkir, Cloth

Sticker: Gloss, Doff, Backlit, Blockout, Transparan

Sticker Print & Cut

Oneway vision

Art Canvas, Ecosol Blockout, Backlit, MMT Backlit

Oscar, Poliskin, Easy Banner

Canvas

UV Flatbed Printing

Acrylic

Glass

Woodpanel

Ceramic

Metal

Laser Cutting & Engraving

Acrylic

Woodpanel

Metal

No comments:

Post a Comment